Kebijakan Privasi


Pemberitahuan Privasi Yara

Pemberitahuan Privasi Yara ini ("Pemberitahuan Privasi") berlaku untuk data pribadi yang dikumpulkan dan digunakan oleh PT Yara Indonesia ("kami") ketika Anda menggunakan situs web ini ("Situs") atau berinteraksi dengan kami sesuai keterangan di bawah ini.

PT Yara Indonesia mengoperasikan Situs dan mengontrol pemrosesan data pribadi Anda ketika Anda menggunakan Situs.

Pemberitahuan Privasi ini menjelaskan cara Yara dalam mengumpulkan, menggunakan, dan mengungkapkan data pribadi ketika Anda menggunakan Situs dan berinteraksi dengan kami sebagaimana dijelaskan di bawah ini. Jika kami berinteraksi dengan Anda dengan cara-cara selain dari yang dijelaskan di bawah ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda terkait penggunaan data pribadi Anda terkait interaksi spesifik tersebut. Jika ada pertanyaan lain, silakan hubungi kami di Yara.Indonesia@yara.com.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara Yara mengolah data pribadi, silakan baca versi publik Kebijakan Privasi Data Yara untuk Data Pelanggan, Pemasok, dan Mitra Bisnis yang merupakan bagian dari Peraturan Perusahaan yang Mengikat dari Yara.

 

I. Bagaimana dan kapan kami mengumpulkan data pribadi

Kami mengumpulkan informasi tentang Anda ketika Anda menggunakan Situs dan ketika Anda berinteraksi dengan kami, misalnya jika Anda adalah pelanggan atau pemasok Yara. Kami menerima informasi Anda dari sumber berikut, yang bergantung pada cara Anda berinteraksi dengan kami:

  1. Dari situs web atau aplikasi seluler kami:
  • Kami mengumpulkan data pribadi melalui situs web atau aplikasi seluler kami, misalnya ketika Anda berlangganan di salah satu aplikasi seluler kami, menyiapkan profil pengguna, atau berinteraksi dengan perangkat terhubung kami.
  • Sebagai langkah awal, Anda dapat menggunakan Situs tanpa mengungkapkan identitas Anda. Ketika Anda mengunjungi Situs atau berinteraksi dengan kami secara online, kami mengumpulkan informasi tentang komputer Anda dan penggunaan situs web dan aplikasi kami oleh Anda menggunakan cookie. Kami menggunakan informasi ini untuk mengukur penggunaan Situs secara agregat agar dapat menyempurnakan kontennya.
  • Kami juga mengumpulkan data pribadi ketika Anda menggunakan aplikasi seluler atau menghubungi kami melalui situs web atau aplikasi tersebut, misalnya untuk keperluan layanan pelanggan. Lihat uraian di bawah tentang Cookie dan teknologi serupa.
  1. Langsung dari Anda:
  • Kami mengumpulkan data pribadi secara langsung dari Anda ketika Anda berinteraksi dengan kami dan memilih mengirimkan informasi tertentu kepada kami, misalnya ketika Anda mendaftar untuk menerima buletin, login di salah satu situs web atau aplikasi kami, mengisi salah satu formulir digital atau fisik kami, melakukan pembelian, memesan, atau mengunggah informasi ke salah satu portal kami.
  • Kami juga dapat mengumpulkan data pribadi Anda ketika kami menerima pertanyaan dari Anda (misalnya yang berkaitan dengan layanan pelanggan), ketika memproses pesanan Anda, dan ketika Anda menghadiri bazar atau acara kami. Harap diperhatikan bahwa kami secara hukum wajib memproses informasi tertentu (seperti yang berkaitan dengan pembelian tertentu), dan terkadang kami harus meminta Anda memberikan informasi tertentu agar dapat mengadakan dan melaksanakan kontrak dengan Anda. 
  • Kami juga mengumpulkan data pribadi secara langsung dari Anda ketika Anda bertindak selaku pemasok agar dapat melaksanakan kontrak dengan pemasok dan untuk tujuan manajemen hubungan pemasok.
  • Terkadang, kami melakukan survei online agar dapat lebih memahami kebutuhan dan preferensi pengguna, pengunjung, kontak, prospek, dan pelanggan kami, misalnya dengan mengukur kepuasan pelanggan dan memperkaya data melalui skor promotor bersih (net promoter score). Sebelum melakukan survei, kami akan memberi tahu Anda tentang cara kami akan menggunakan data pribadi Anda. Keikutsertaan dalam survei bersifat sukarela dan, jika diwajibkan oleh undang-undang yang berlaku, kami akan meminta persetujuan Anda untuk melakukan pemrosesan. Anda berhak menarik persetujuan Anda kapan saja.
  1. Dari grup perusahaan, penyalur, pemasok, mitra bisnis, dan pihak ketiga kami lainnya:
  • Ketika Anda membeli atau menjual produk atau layanan, kami dapat mengumpulkan data pribadi yang berkaitan dengan transaksi tersebut untuk menyelesaikan transaksinya dan mengelola hubungan bisnis. Atas permintaan Anda atau agar dapat merealisasikan kepentingan sah kami dalam melakukan segmentasi atau manajemen hubungan pemasok, kami juga dapat mengimpor informasi dari penyalur, pemasok, mitra bisnis, dan pihak ketiga kami lainnya.
  1. Dari peralatan Anda:
  • Jika Anda mendaftar untuk menggunakan layanan yang mengizinkan Anda mengunggah informasi dari perangkat Anda ke salah satu portal atau aplikasi kami, kami mengumpulkan data peralatan dari peralatan atau perangkat Anda. Kebijakan Privasi Pertanian Digital Yara dapat berlaku dalam kasus-kasus tertentu. Kami juga dapat menerima data lokasi dari ponsel pintar atau perangkat yang peka lokasi lainnya, dengan syarat bahwa peralatan ini terhubung ke aplikasi seluler yang telah Anda unduh atau profil pengguna yang telah Anda daftarkan di layanan kami.
  1. Dari sumber lain:
  • Misalnya melalui mitra dagang dan distributor yang menjual produk Yara atau menggunakan aplikasi Yara seperti Permintaan Kutipan Harga atau Program Loyalitas ketika mereka membagikan data pribadi kepada kami agar dapat memenuhi permintaan Anda atau mengisi kontrak yang diadakan dengan Anda atau antara kami dan mitra tersebut, misalnya untuk mengirimkan produk yang dijual melalui distributor kami.

II. Jenis-jenis informasi dan data yang kami kumpulkan

Ketika Anda menggunakan situs web, kami mengumpulkan data pribadi dan informasi perangkat sebatas yang diizinkan oleh undang-undang. Data pribadi adalah informasi, atau kombinasi potongan informasi, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda di tingkat individu. Bergantung pada layanan yang Anda gunakan dan cara Anda menggunakan Situs, kami dapat mengumpulkan kategori data berikut:

  • Informasi kontak seperti nama, alamat, dan alamat email yang Anda berikan ketika membuat akun pengguna atau mengisi salah satu formulir digital atau fisik kami. Informasi ini memungkinkan kami untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan Anda;
  • Data bisnis yang memungkinkan kami membantu mengoptimalkan operasi bisnis Anda, jika Anda memiliki akun pengguna yang sudah terdaftar. Data ini mencakup, tetapi tidak terbatas pada, data yang berkaitan dengan nama, lokasi, ukuran bisnis, dan informasi lain terkait bisnis Anda yang hanya akan ditautkan langsung kepada Anda jika Anda memiliki akun pengguna yang sudah terdaftar;
  • Informasi hubungan yang membantu kami memahami Anda dan keinginan Anda agar dapat menawarkan produk, teknologi, dan layanan yang mungkin menarik minat Anda, seperti properti, informasi bisnis, lokasi umum Anda, dan informasi demografi lain sesuai dengan aturan undang-undang. Kami mengumpulkan informasi ini ketika Anda berinteraksi dengan kami atau memiliki akun pengguna yang sudah terdaftar;
  • Informasi perekrutan yang membantu kami menentukan kelayakan Anda untuk pekerjaan yang Anda lamar jika Anda melamar pekerjaan di perusahaan kami, seperti informasi kontak umum, CV, informasi tentang pendidikan, kompetensi dan keterampilan, karier dan pengalaman kerja, serta informasi Anda lainnya seperti foto, nomor jaminan sosial, sertifikat kerja, riwayat kerja, referensi, dan informasi latar belakang lainnya yang relevan.
  • Informasi transaksi dan produk tentang cara Anda berinteraksi dengan kami, penyalur, dan mitra bisnis kami, meliputi pembelian, pertanyaan, dan akun pelanggan, riwayat pembelian, produk dan kuantitas, tanaman, dan preferensi;
  • Informasi ID tentang identitas Anda, seperti tanggal lahir dan dokumen identitas, hanya ketika diperlukan untuk mengidentifikasi Anda;
  • Informasi akun keuangan hanya jika diperlukan untuk menyelesaikan pembelian Anda;
  • Informasi dan analisis perangkat seperti informasi tentang komputer, ponsel, atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk mengunjungi Situs, yang bergantung pada izin yang sudah Anda berikan. Kami dapat mengaitkan informasi yang kami kumpulkan dari perangkat Anda yang berbeda-beda sehingga membantu kami memberikan layanan yang konsisten lintas perangkat Anda. Informasi ini dapat berupa, misalnya, atribut seperti alamat IP Anda, sistem operasi, versi perangkat keras, pengaturan perangkat, dan jenis serta pengidentifikasi perangkat. Kami juga dapat mengumpulkan informasi koneksi seperti nama operator seluler atau ISP, ID iklan seluler, dan ID aplikasi seluler, jenis browser, bahasa, lokasi geografi, zona waktu koneksi, dan tanggal serta waktu kunjung di Situs bersama-sama dengan tren penggunaan Anda. Kami juga dapat mengumpulkan informasi tentang perilaku Anda di Situs, misalnya durasi Anda membuka situs dan informasi tentang perilaku Anda dalam menggulir dan membagikan.
  • Data perlengkapan yang dihasilkan oleh, dikumpulkan oleh, atau disimpan di perlengkapan Anda (perangkat lunak atau perangkat keras) atau perangkat yang memiliki antarmuka dengan perlengkapan Anda, termasuk tetapi tidak terbatas pada lokasi perlengkapan Anda.

III. Bagaimana Yara menggunakan data pribadi

Kami menggunakan data pribadi Anda untuk tujuan berikut:

  1. Menyediakan fungsionalitas produk, layanan, dan layanan pelanggan yang diminta:
  • Menyediakan fungsionalitas, produk, teknologi, dan layanan yang Anda minta dan untuk menyediakan layanan lain yang berkaitan dengan pesanan Anda, seperti pengiriman, rekomendasi, dan pemeliharaan produk.
  • Membuat, mengelola, dan mengizinkan akses ke akun Anda, untuk layanan/produk yang akunnya telah Anda daftarkan.
  • Menyelesaikan dan mencatat transaksi Anda.
  • Mengirimkan setiap item dan perangkat keras yang Anda pesan (termasuk item dan perangkat keras yang Anda pesan melalui distributor kami).
  • Secara aktif menyediakan laporan terperinci dan/atau rekomendasi/tips agronomi yang diambil dari data yang sudah Anda berikan kepada Yara yang secara khusus relevan dengan Anda terkait aktivitas bisnis Anda untuk meningkatkan produktivitas, kualitas, dan profitabilitas Anda.
  • Memberikan penawaran kepada Anda menyusul penerimaan permintaan kutipan harga melalui distributor dalam kasus-kasus Permintaan Kutipan Harga.
  • Memberi Anda poin berdasarkan riwayat pembelian Anda yang dapat ditukar dengan hadiah atau diskon dari produk atau layanan Yara lainnya jika Anda adalah anggota Program Loyalitas.
  • Mengirimkan informasi administrasi kepada Anda, seperti perubahan pada ketentuan dan kebijakan kami.

Menanggapi pertanyaan dan permintaan Anda, misalnya ketika Anda mengirim pertanyaan atau saran kepada kami.

  1. Dukungan Produk dan Pelanggan:
  • memberikan dukungan kepada Anda, termasuk menyampaikan pemutakhiran dan komunikasi program peningkatan produk, dan untuk diagnosis dan perbaikan, keamanan, dan penarikan kembali produk;
  • memberikan bantuan teknis lainnya kepada Anda, seperti bantuan pemasangan, pemeliharaan, dan pembongkaran.
  1. Manajemen hubungan pemasok
  • Manajemen kontrak, seperti mengelola semua interaksi dan transaksi dengan pihak ketiga yang memasok barang dan/atau jasa kepada kami untuk memaksimalkan nilai interaksi dan transaksi tersebut;
  • Manajemen kinerja, seperti penyiapan peninjauan kinerja;
  • Manajemen risiko, seperti strategi menanggapi gangguan rantai pasokan;
  • Manajemen data, seperti memvalidasi permintaan pemasok; dan
  • Membangun hubungan dan komunikasi yang lebih baik dengan pemasok dan organisasi luar agar  bisnis berjalan lebih lancar dan lebih hemat biaya.
  1. Melakukan pemasaran, komunikasi, dan menawarkan layanan sesuai permintaan/kebutuhan:
  • Menyediakan sarana komunikasi, informasi, dan pemasaran langsung berbagai produk, teknologi, dan layanan Yara kepada Anda, termasuk membuat profil yang kami gunakan sebagai sarana penawaran pemasaran tertarget, penawaran yang dipersonalisasi, buletin, informasi produk, majalah perusahaan, katalog, pengumuman, atau undangan acara, dll., yang menurut kami dapat menarik bagi Anda.
  • Menyediakan masukan dan tips agronomi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Bergantung pada pilihan Anda, kami mengirimkan pemasaran tersebut melalui saluran media Sosial, email, dan/atau SMS. Pemasaran tersebut dapatterdiri dari, misalnya, saran agronomi dan perdagangan, buletin, survei, kampanye, undangan, dan informasi tentang berbagai perjanjian, acara di bazar, pertemuan, pelatihan, atau webinar.
  • Kami juga sekali-kali menggunakan data pribadi Anda untuk melakukan dan mengelola survei, jajak pendapat, program loyalitas, dan acara promosi lainnya, serta mempersilakan pelanggan untuk ikut serta dalam jajak pendapat dan survei agar kami dapat meningkatkan penawaran layanan kami.
  • Kami juga memproses data pribadi untuk memenuhi kepentingan sah kami dalam menyediakan pemasaran khusus bagi pelanggan dengan menggunakan informasi yang berkaitan dengan’ riwayat pembelian, preferensi, perilaku, dan informasi terkait pelanggan lainnya agar dapat lebih memahami tantangan dan kebutuhan mereka.
  • Selanjutnya kami melakukan segmentasi dan menggunakan data pribadi untuk keperluan analisis agar dapat meningkatkan dan menawarkan produk, komunikasi, dan layanan yang relevan serta untuk meningkatkan pengetahuan agronomi kami. Kami juga melakukan segmentasi dan menyusun profil untuk menentukan apakah prospek tertarik pada produk atau komunikasi tertentu dari kami.
  • Membagikan informasi kepada pemasar lain jika Anda menginginkan mereka mengirimkan materi pemasaran, yang bergantung pada pilihan Anda.
  • Memfasilitasi pemostingan komentar dan testimoni Anda di situs web, media sosial, dan aplikasi seluler kami.
  • Apabila diwajibkan undang-undang yang berlaku, kami memperoleh persetujuan Anda atas materi pemasaran tersebut dan atas survei yang memiliki tujuan pemasaran. Anda dapat mengabaikan materi pemasaran melalui komunikasi elektronik kapan saja dengan mengikuti instruksi di dalam pesan pemasaran tersebut atau dengan menghubungi kami di Yara.Indonesia@yara.com.
  1. Memberi Anda peluang promosi dan memfasilitasi aktivitas berbagi sosial
  • Mengizinkan Anda ikut serta dalam program promosi, berhadiah, dan loyalitas.
  • Memfasilitasi fungsionalitas berbagi sosial jika Anda memilih untuk melakukannya. Aturan tambahan dapat berlaku pada promosi atau berbagi sosial tersebut. Bacalah aturan tersebut dengan saksama.
  1. Perekrutan:
  • untuk merekrut karyawan Yara yang baru, jika Anda telah mengajukan lamaran kerja melalui portal lowongan pekerjaan kami yang dapat diakses di yara.com atau mengajukan lamaran kerja kepada kami.
  • Kami menggunakan informasi yang Anda cantumkan dalam lamaran kerja untuk menentukan kelayakan Anda atas pekerjaan yang Anda lamar dengan menilai apakah Anda merupakan calon ideal untuk posisi yang dimaksud.
  1. Mengelola kebutuhan bisnis sehari-hari dan melakukan pelaporan bisnis:
  • Menganalisis penggunaan’ produk dan layanan kami oleh pelanggan untuk menyusun laporan tren agregat.
  • Mengelola situs web dan layanan kami, manajemen kontrak, analisis, dan pencegahan penipuan.
  • Inteligensi bisnis, seperti menghimpun wawasan pasar umum.
  • Perbaikan produk, mengembangkan produk baru, atau meningkatkan produk kami saat ini.
  • Tata kelola dan audit, misalnya dengan menerapkan audit internal, analisis bisnis, kontrol, dan pelaporan (misalnya prosedur pelaporan pelanggaran).
  • Transaksi bisnis, meliputi pengorganisasian ulang, merger, penjualan, usaha patungan, penugasan, transfer, atau disposisi lainnya. Misalnya, dalam kasus merger atau akuisisi oleh perusahaan lain, kami mungkin harus mengungkapkan data pribadi kepada perusahaan tersebut.
  • Melindungi aset Yara, misalnya karena alasan kesehatan dan keselamatan, atau mengelola hak akses dan keamanan (untuk mencegah penipuan, serangan dunia maya, dan pencurian identitas).
  • Mematuhi kewajiban hukum, misalnya kami harus menyimpan faktur untuk tujuan pembukuan atau mengungkapkan data tertentu guna memenuhi permintaan dari otoritas publik.

IV. Apa dasar hukum yang menjadi landasan Yara untuk memproses data Anda?

  1. Kontrak
  • Dalam kasus ketika kami mengadakan kontrak dengan Anda terkait penjualan, pembelian, atau pengiriman produk atau layanan, dasar hukum kami untuk melakukan pengolahan adalah kami harus memenuhi perjanjian dengan Anda, atau untuk mengambil langkah-langkah berdasarkan permintaan Anda sebelum mengadakan kontrak.
  • Dasar hukum ini berlaku untuk semua pemrosesan untuk penyelenggaraan dan pelaksanaan kontrak tersebut, dan setiap pemrosesan yang diperlukan untuk mengadakan kontrak tersebut. Pemrosesan ini dapat berupa, misalnya, layanan pelanggan (seperti dalam bentuk program loyalitas), manajemen hubungan pelanggan, dan tujuan penagihan, serta pemrosesan lain yang diperlukan untuk menyediakan fungsionalitas, produk, dan layanan yang diminta.
  • Apabila kami memerlukan data pribadi untuk memenuhi kewajiban hukum atau kontrak, maka penyediaan data tersebut bersifat wajib: jika data tidak tersedia, kami tidak akan dapat mengelola hubungan kontrak kami atau memenuhi kewajiban yang dibebankan kepada kami. Untuk semua kasus lainnya, penyediaan data pribadi yang diminta bersifat opsional.
  1. Kewajiban hukum
  • Dalam beberapa contoh, kami mengolah data pribadi Anda karena dituntut demikian oleh undang-undang (misalnya untuk mematuhi kewajiban pencatatan dan pembukuan).
  1. Kepentingan yang sah
  • Kami juga mengolah data Anda ketika apabila kami memiliki kepentingan yang sah untuk melakukan hal tersebut dan apabila kepentingan tersebut tidak melanggar hak Anda atas perlindungan data. Kepentingan tersebut biasanya untuk menyempurnakan produk, teknologi, dan layanan kami agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menyesuaikan layanan kami dengan preferensi dan kebutuhan khusus Anda.
  • Kami juga memproses data Anda berdasarkan kepentingan sah kami dalam memproses permintaan Anda ketika Anda mengisi salah satu formulir digital atau fisik kami dan untuk memudahkan pelanggan kami mematuhi kewajiban hukum yang berlaku. Kami selanjutnya memproses data pribadi tentang pelanggan kami apabila diperlukan untuk merealisasikan kepentingan sah kami dalam memenuhi kontrak dengan distributor kami dengan mengirimkan produk dan layanan yang diminta oleh pelanggan.
  • Ada kalanya (misalnya ketika kami membuat profil) dasar hukum kami untuk melakukan pengolahan adalah hal tesebut untuk tujuan yang berkaitan dengan kepentingan sah kami dalam memasarkan dan membuat profil tentang pelanggan agar kami dapat menyesuaikan penawaran dan layanan kami dengan kebutuhan mereka, sepanjang kepentingan ini tidak melanggar hak-hak pelanggan yang memerlukan perlindungan data pribadi.
  • Untuk segmentasi dan analisis, kami mengandalkan kepentingan sah dalam meningkatkan produk dan layanan kami dan dalam menawarkan produk, komunikasi, dan layanan yang relevan kepada pelanggan/prospek kami dan dalam meningkatkan pengetahuan agronomi kami sebagai dasar hukum.
  • Ketika kami menerima data pribadi dari mitra dagang dan distributor kami, misalnya melalui Permintaan Penawaran Harga atau Program Loyalitas, maka dasar hukum kami dalam melakukan pengolahan data tersebut adalah kebutuhan merealisasikan kepentingan sah kami dalam memenuhi permintaan Anda atau memenuhi kontrak yang diadakan dengan Anda atau antara kami dan mitra tersebut.
  • Kami juga mengandalkan kepentingan sah sebagai dasar hukum dalam mencapai sebagian tujuan bisnis kami, seperti inteligensi bisnis, peningkatan produk, tata kelola dan audit, transaksi bisnis, dan perlindungan aset Yara.
  • Harap diperhatikan bahwa Anda berhak mengajukan keberatan terhadap pengolahan yang mengandalkan kepentingan sah sebagai dasar hukum dan juga pengolahan yang memiliki tujuan pemasaran langsung, seperti dijelaskan lebih lanjut di Bagian 8 di bawah ini.
  1. Persetujuan
  • Dalam kesempatan tertentu, kami mengolah data Anda dengan persetujuan Anda (misalnya ketika Anda ingin menerima buletin atau materi pemasaran lainnya dari kami). Dalam situasi tersebut, Anda dapat menarik persetujuan kapan saja dengan mengikuti petunjuk pembatalan langganan yang tertera pada pesan pemasaran yang Anda terima.
  • Ketika kami memiliki hubungan pelanggan yang sudah terjalin dengan pelanggan kami, kami terkadang mengirimkan pemasaran digital tentang produk dan/atau layanan yang sesuai dengan hubungan pelanggan yang sudah terjalin dan mengandalkan persetujuan Anda dalam melakukannya.
  • Penarikan persetujuan tidak memengaruhi keabsahan pemrosesan yang telah dilakukan berdasarkan persetujuan sebelum penarikan.

V. Mengapa Yara mengungkapkan data pribadi

Kami tidak menjual data pribadi Anda kepada perusahaan pemasaran di luar Yara. Kami hanya membagikan data pribadi Anda sebagai berikut:

  1. Perusahaan grup dari grup Yara International ASA, untuk tujuan yang tertuang dalam Pemberitahuan Privasi ini
  • Mengoptimalkan proses bersama. Di dalam grup perusahaan, kadang-kadang muncul keperluan untuk menggunakan dan memanfaatkan sumber informasi secara efektif. Dalam konteks ini, kami mendukung satu sama lain di dalam grup kami dalam mengoptimalkan proses bersama tersebut.
  • Inisiatif lintas afiliasi kami, seperti penelitian dan pengembangan, administrasi sistem, statistik, analisis, pemasaran, dan pencarian prospek baru, serta tujuan-tujuan lain yang tertuang dalam Kebijakan Privasi Data untuk Data Pelanggan, Pemasok, dan Mitra Bisnis.
  • Inisiatif ini dapat berupa, misalnya, pembagian data saat diperlukan untuk memenuhi permintaan dari Anda, untuk menilai lamaran pekerjaan Anda demi tujuan perekrutan, atau untuk memasuki kontrak kerja dengan Anda, atau lingkungan lain yang memerlukan pembagian data agar dapat menjawab pertanyaan Anda, atau untuk analisis dan penelitian sejauh pengungkapan tersebut diperlukan untuk memenuhi kepentingan sah kami dalam meningkatkan produk, teknologi, dan layanan kami.
  1. Penyedia layanan untuk memfasilitasi layanan yang mereka berikan kepada kami
  • Untuk tujuan yang dinyatakan dalam Pemberitahuan Privasi ini dan dalam perjanjian pemrosesan data yang relevan.
  • Layanan ini berupa, misalnya, hosting data, memproses pembayaran, melakukan pengiriman, pengiriman email, distribusi, dukungan dan bantuan teknis pelanggan, analisis web, pemantauan kinerja TI, manajemen hubungan pelanggan, mengevaluasi, menjalankan pengalaman pengguna yang optimal atau menjalankan kampanye pertumbuhan kami, jajak pendapat dan survei, kepatuhan hukum, serta mengamankan operasionalisasi bisnis kami, seperti mengidentifikasi dan mengatasi kerusakan.
  1. Otoritas publik atau pemerintah yang tepat jika pengungkapan dirasa tepat
  • Menyelesaikan sengketa dengan pihak ketiga.
  • Ketika kami menanggapi penegakan hukum yang berlaku atau permintaan dan perintah dari pihak berwenang.
  • Apabila diwajibkan oleh undang-undang, regulasi, atau proses hukum.
  • Memberikan informasi yang kami yakini penting.
  1.  Mitra dan hubungan dagang untuk mewujudkan bisnis kami dengan mereka
  • Dalam kaitannya dengan inisiatif kolaborasi dan kontrak yang diadakan dengan pihak-pihak tersebut, misalnya sebagai bagian dari proses penjualan dan distribusi.
  • Dalam kaitannya dengan penjualan atau transaksi bisnis dengan calon pembeli atau penjual. Kami memiliki kepentingan sah untuk mengungkapkan atau memindah data pribadi kami kepada pihak ketiga jika terjadi transaksi bisnis.
  • Mengizinkan mereka mengirimkan komunikasi pemasaran kepada Anda, jika Anda ingin mereka mengirimkan materi pemasaran kepada Anda, sesuai pilihan Anda.
  1. Pihak ketiga yang menjadi penerima data pribadi yang Anda sediakan melalui situs web atau aplikasi seluler kami
  • Beberapa situs web atau aplikasi seluler kami memudahkan Anda memberikan akses atau membagikan data pribadi kepada individu atau organisasi lain yang terkait dengan situs web atau aplikasi seluler, misalnya kepada penasihat untuk membantu Anda mengambil keputusan, konsultan, distributor, produsen mesin, dan media sosial.
  • Jika Anda menghubungkan aplikasi seluler ke akun media sosial Anda atau membagikan konten dari salah satu situs web kami di akun media sosial Anda, Anda akan membagikan informasi kepada teman-teman Anda yang terkait dengan akun media sosial Anda, kepada pengguna lain, dan kepada penyedia akun media sosial Anda. Dengan tindakan tersebut, Anda mengizinkan kami untuk memfasilitasi pembagian informasi ini, dan Anda memahami bahwa penggunaan informasi bersama ini akan diatur oleh’kebijakan privasi penyedia media sosial.

Kami juga membagikan data pribadi Anda untuk mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, untuk menegakkan  hak, syarat dan ketentuan, privasi, keamanan, dan properti kami (dan perwakilan serta grup kami).

VI. Cookie dan teknologi serupa

Kami menggunakan cookie di situs web kami. Cookie adalah sebuah file teks kecil yang disimpan di komputer Anda ketika Anda mengunjungi situs web kami. Cookie membantu kami mengidentifikasi komputer Anda agar kami dapat menyesuaikan pengalaman Anda sebagai pengguna.

Cookie juga membantu kami mengamati cara pengunjung dalam menggunakan halaman web kami dan memudahkan kami merancang halaman yang lebih mudah digunakan dan konten yang lebih bermanfaat.

Kami menggunakan cookie pihak pertama, cookie pihak ketiga, dan permintaan pihak ketiga. Cookie pihak pertama adalah cookie yang kami tetapkan dan hanya dapat dibaca oleh situs kami. Secara bawaan, cookie pihak pertama diizinkan di setiap browser web. Jika Anda menonaktifkan cookie pihak pertama, situs web tidak dapat melacak aktivitas Anda saat Anda beralih dari halaman ke halaman. Kami menggunakan jenis cookie pihak pertama ini, yaitu cookie sesi, cookie khusus http, cookie aman, dan cookie persisten.

Cookie pihak ketiga ditetapkan oleh pihak ketiga, terutama jaringan periklanan. Cookie ini dibaca berulang-ulang selama kunjungan ke situs lain jika mereka melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut. Misalnya, kami dapat menggunakan cookie untuk fungsionalitas iklan dari Facebook.

Permintaan pihak ketiga dibuat dari pengguna ke layanan eksternal. Meskipun permintaan ini tidak menggunakan cookie apa pun, permintaan ini masih dapat mentransfer informasi ke pihak ketiga. Sebagai contoh, Google Analytics – suatu alat umum untuk melakukan analisis situs web – yang bekerja melalui permintaan pihak ketiga.

Anda dapat mengelola preferensi cookie di pengaturan dengan memilih spanduk cookie, atau setelahnya memilih ikon cookie di situs web atau dengan membuat perubahan pada browser web Anda. Harap diperhatikan bahwa pemblokiran cookie dapat membuat situs web kami berhenti berfungsi sebagaimana mestinya.

Cookie di situs kami tercantum pada ikon cookie di situs web kami.

VII. Pilihan Anda

Kami memberi Anda pilihan terkait cara kami berkomunikasi dengan Anda.

  • Komunikasi email: Anda dapat berhenti menerima komunikasi email promosi dari Yara dengan mengikuti instruksi penolakan yang tertera dalam pesan tersebut.
  • Harap diperhatikan bahwa kami akan memenuhi permintaan Anda untuk berhenti menerima komunikasi elektronik promosi dari Yara. Akan tetapi, kami dapat terus mengirimkan komunikasi terkait layanan kepada Anda, seperti email yang mengonfirmasi pembelian melalui situs web kami. Dan kami dapat menyimpan informasi untuk pembukuan, misalnya untuk memastikan bahwa kami memenuhi permintaan konsumen dan untuk mengirimkan jenis pesan tertentu.
  • Harap diperhatikan bahwa Anda dapat mengelola cara perangkat seluler Anda dapat membagikan lokasi kepada Yara dan cara peramban seluler Anda menangani cookie dan teknologi terkait dengan menyesuaikan pengaturan privasi dan keamanan perangkat seluler Anda. Silakan baca petunjuk yang disediakan oleh operator layanan seluler atau produsen perangkat Anda untuk mempelajari cara menyesuaikan pengaturan.

VIII. Hak-hak Anda

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Anda dapat berhak meminta:

(a) Hak akses

  • Mendapatkan konfirmasi dari kami apakah kami menyimpan data pribadi tentang Anda atau tidak, mengakses data tersebut dan informasi lain yang berkaitan dengan data tersebut.
  • Untuk mendapatkan informasi tentang pemrosesan data pribadi Anda oleh kami, termasuk kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi, dan akuntabilitas pihak yang meminta Data Pribadi.
  • Mendapatkan salinan data pribadi Anda.

(b) Hak perbaikan

  • Perubahan data pribadi jika data tersebut tidak benar atau tidak lengkap.

(c) Hak penghapusan

  • Penghapusan data pribadi dalam kondisi tertentu, misalnya ketika Anda menyetujui penggunaannya tetapi setelah itu menarik persetujuan Anda, atau ketika data tersebut digunakan secara ilegal.

(d) Hak pembatasan

  • Pembatasan penggunaan data pribadi dalam kondisi tertentu.

(e) Hak portabilitas

  • Tanda terima data pribadi yang Anda berikan kepada Yara, dalam format terstruktur, umum digunakan, dan dapat dibaca mesin.
  • Pemindahan data pribadi semacam itu, atau meminta pemindahan data tersebut jika secara teknis dapat dilakukan, kepada perusahaan lain yang bertanggung atas penggunaannya dalam kondisi tertentu.

(f) Hak untuk mengajukan keberatan atau menolak

  • Menolak penggunaan data pribadi Anda dalam kondisi tertentu, termasuk yang berkaitan dengan pemasaran langsung dan ketika data pribadi Anda digunakan berdasarkan kepentingan sah Yara.
  • Anda juga berhak untuk menolak pemasaran langsung apa pun dan dapat melakukannya dengan mengeklik tombol “batalkan langganan” pada pesan yang Anda terima.

(g) Hak untuk menarik persetujuan

  • Untuk menarik persetujuan Anda kapan saja jika penggunaan data pribadi Anda didasarkan pada persetujuan. Harap diperhatikan bahwa penarikan persetujuan Anda tidak akan membuat penggunaan data Anda sebelum penarikan menjadi tidak sah.

   (h) Hak atas Kerahasiaan

  • Anda memiliki hak agar data pribadi Anda dirahasiakan sesuai permintaan, kecuali jika Anda memberikan persetujuan khusus untuk pengungkapan apa pun.

Jika Anda ingin melaksanakan hak Anda, jangan ragu-ragu menghubungi kami di +622122722011 atau Yara.Indonesia@yara.com. Harap diperhatikan bahwa hak-hak di atas dapat dibatasi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Anda juga dapat mengajukan keluhan kepada otoritas perlindungan data di negara Anda atau ketika terjadi dugaan pelanggaran terhadap undang-undang perlindungan data yang berlaku. Daftar otoritas perlindungan data tersedia di European Commission website. Otoritas pengawas yang bertanggung jawab untuk PT Yara Indonesia adalah Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, Jl. Medan Merdeka Barat no. 9, Jakarta 10110, humas@mail.kominfo.go.id.

Dalam hal kegagalan perlindungan data pribadi, kami akan memberi tahu Anda selambat-lambatnya 3 X 24 (tiga kali dua puluh empat) jam (dan sesuai dengan dan tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku) jika terjadi pelanggaran data yang memengaruhi data pribadi Anda yang dapat menyebabkan kerugian yang signifikan.

IX. Cara kami menyimpan data Anda

Kami menyimpan data pribadi Anda selama minimal lima (5) tahun atau  selama diperlukan atau diizinkan sesuai dengan tujuan perolehan data tersebut dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Kriteria yang digunakan untuk menentukan masa retensi kami meliputi:

(a) Jangka waktu hubungan aktif antara kami dengan Anda dan memberikan produk/layanan yang diminta kepada Anda (misalnya sepanjang Anda memiliki akun pada layanan kami atau tetap menggunakan layanan/aplikasi seluler) atau untuk memungkinkan Anda melakukan aktivitas dan memenuhi persyaratan retensi Anda. Sebagai contoh, sebagai aturan umum terkait data pribadi pelanggan, kami akan mempertimbangkan kembali perlunya menyimpan data Anda beberapa tahun setelah Anda berhenti menjadi pelanggan terdaftar (misalnya untuk membantu kami menjawab keluhan atau pertanyaan yang mungkin masih muncul). Akan tetapi, ada juga faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi masa retensi yang ditetapkan di bawah.

(b) Adanya kewajiban hukum yang menjadi tanggungan kami (misalnya hukum tertentu menuntut kami menyimpan catatan transaksi Anda selama kurun waktu tertentu sebelum kami dapat menghapusnya).

(c) Apakah retensi dianjurkan jika menimbang posisi hukum kami (misalnya terkait aturan pembatasan, litigasi, atau penyelidikan regulasi yang berlaku).

X. Keamanan informasi

Yara sangat memperhatikan privasi Anda dan berkomitmen menjaga keamanan data pribadi. Kami telah menerapkan langkah-langkah teknis, fisik, dan organisasional yang tepat untuk melindungi data pribadi Anda dari kehilangan, penyalahgunaan, atau perubahan. Kami membatasi akses ke data pribadi hanya untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan bisnis.

XI. Transfer data pribadi ke negara lain

Transfer data pribadi ke negara ketiga di luar EEA yang tidak memberikan perlindungan yang memadai hanya akan terjadi jika pengamanan yang tepat sudah diberikan, misalnya oleh Aturan Korporat yang Mengikat dari Yara, memasuki Klausul Kontrak Standar UE, jika pihak penerima telah disertifikasi berdasarkan mekanisme transfer internasional yang sah. Pemindahan data pribadi dari Indonesia ke negara di luar Indonesia hanya akan dilakukan jika negara penerima memiliki tingkat perlindungan data pribadi yang setara atau lebih tinggi daripada yang diatur dalam undang-undang privasi data di yurisdiksi yang berlaku di mana data pribadi tersebut ditransfer, kecuali jika ada perlindungan data pribadi yang memadai dan mengikat atau persetujuan Anda.

Ketika mengungkapkan informasi kepada pihak lain sebagaimana dijelaskan di Bagian 5, kami terkadang perlu mentransfer data pribadi ke negara di luar EEA atau Indonesia (jika relevan) agar dapat memenuhi salah satu tujuan yang tercantum di Bagian 5. Sebagai contoh, kami dapat menggunakan subpemroses yang didirikan di AS ketika Anda mengisi formulir online agar dapat memenuhi permintaan Anda. Transfer tersebut hanya akan dilakukan apabila langkah pengamanan yang tepat telah dipersiapkan, sebagaimana dijelaskan di atas.

Jika ada pertanyaan terkait hal ini, atau jika Anda ingin mendapatkan salinan perlindungan yang kami kemukakan apabila terjadi transfer, silakan hubungi kami di titik kontak yang disediakan di bawah.

Yara dapat mentransfer data agregat kepada pihak ketiga (domestik dan/atau mancanegara) untuk tujuan i) menyempurnakan atau mengembangkan Situs atau peralatan apa pun yang berkaitan dengan layanan tertentu, dan ii) agar Situs dan peralatan tersebut berfungsi sebagaimana semestinya.

XII. Kebijakan Privasi pihak ketiga

Pemberitahuan Privasi hanya menjelaskan pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan data pribadi oleh Yara. Situs-situs web lain yang mungkin dapat diakses melalui situs web ini memiliki kebijakan dan praktik privasi sendiri. Penyalur, pemasok, dan mitra bisnis independen kami juga memiliki kebijakan dan praktik privasi masing-masing. Kami mendorong Anda untuk mempelajari kebijakan privasi yang disediakan oleh semua pihak ketiga secara saksama sebelum memberikan informasi kepada mereka atau memanfaatkan penawaran atau promosi. Meskipun kami berupaya untuk hanya memberikan tautan ke situs yang sama-sama memiliki standar dan perlindungan privasi yang tinggi seperti kami, kami tidak bertanggung jawab atas konten atau praktik privasi yang diterapkan oleh situs-situs lain tersebut.

XIII. Perubahan dan amendemen terhadap Pemberitahuan ini

Kami akan memberi tahu Anda melalui e-mail atau cara lain yang jelas jika kami melakukan perubahan mendasar terhadap Pernyataan Privasi ini atau perubahan yang mungkin relevan dengan dan memengaruhi hak-hak Anda, sebelum melakukan perubahan tersebut. Setiap perubahan tersebut akan dipublikasikan dalam Pemberitahuan Privasi ini.

Jika Anda tidak ingin melanjutkan penggunaan Situs menyusul perubahan dimaksud, Anda harus menghentikan penggunaan Situs dan meminta Yara menutup akun Anda dengan menghubungi kami di +622122722011, Yara.Indonesia@yara.com. atau melalui portal yang relevan, jika memungkinkan.

XIV. Yurisdiksi dan hukum yang berlaku

Pemberitahuan Privasi ini akan, kecuali untuk undang-undang lokal yang bersifat wajib, diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan undang-undang Norwegia dan tunduk pada yurisdiksi noneksklusif pengadilan Norwegia.

XV. Cara menghubungi kami

Silakan hubungi kami jika masih ada pertanyaan atau komentar tentang praktik privasi kami atau Pemberitahuan Privasi ini. Anda dapat menghubungi kami secara online di Yara.Indonesia@yara.com. Anda dapat menghubungi kami melalui surat yang ditujukan ke kantor PT Yara Indonesia:

Attn: Data Privacy Contact / Delegated Data Controller

PT Yara Indonesia

South Quarter Tower C, 5th Floor Unit D

Jln. R.A. Kartini Kav. 8, Cilandak Barat

Jakarta Selatan 12430

Indonesia

Jika ada masalah yang belum diselesaikan, Anda juga berhak mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas yang kompeten untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku atau versi publik dari Arahan Privasi Data Yara untuk Data Pelanggan, Pemasok, dan Mitra Bisnis.

Tanggal berlaku: 4 Oktober 2024 /Terakhir diperbarui: 4 Oktober 2024